Oleh: bloksaya | Mei 28, 2009

Rekomendasi buku

Berdzikir kepada Alloh merupakan kesibukan yang terbaik dan cara yang paling utama bagi hamba untuk mendekatkan diri kepada Alloh ‘azza wa jalla. Alloh memerintahkan kita untuk berdzikir di waktu pagi dan petang, serta seusai sholat. Namun, sebagai seoarang muslim sejati, hendaknya kita hanya berdzikir dengan apa-apa yang datang dari Rosululloh dan dengan tata cara yang beliau ajarkan.

Di zaman modern ini, ketika semua manusia telah bebas mengungkapkan pendapat, banyak bermunculan pula berbagai buku yang membahas berbagai dzikir dan tata cara ibadah lainnya. Di pinggir-pinggir jalan, banyak bergentayangan buku-buku berjudul “Tuntunan X lengkap” (dengan X merupakan variabel untuk suatu bentuk ibadah, misalnya sholat, dzikir, doa dll.) yang memang benar-benar lengkap. Lengkap dengan gambar-gambar manusia, lengkap dengan berbagai bid’ah. Lalu, apa yang harus kita lakukan agar tetap bisa beribadah dengan benar jika dikaitkan dengan banyaknya berbagai buku tersebut? Jawabannya sederhana: selektif.

Dalam kesempatan ini, saya ingin memberikan suatu rekomendasi atas dua buah buku saku tentang dzikir yang insyaalloh jauh lebih baik daripada al-Ma’tsurat karangan Hasan al-Banna. Saya katakan lebih baik karena didasarkan pada dalil yang jelas, dilengkapi sanad dan jalur periwayatan secara ringkas. Selain itu, harganya terbilang murah. Tidak menembus angka Rp15.000,00. Harga yang murah untuk kandungannya yang berguna tidak hanya di dunia.

dzikir pagi dan petang1. Dzikir Pagi dan Petang dan Sesudah Sholat Fardhu Menurut al-Qur’an dan as-Sunnah yang Shohih (harga ketika saya membeli: Rp13.000,00)
Dari judulnya yang cukup panjang ini kita sudah cukup bisa membayangkan isinya. Buku ini ditulis oleh Yazid bin Abdul Qodir Jawas, seorang ulama yang sudah tidak diragukan lagi. Ukurannya yang mungil memungkinkannya dibawa dalam saku. Meskipun ukurannya kecil, insyaalloh isinya begitu bermanfaat. Huruf Arob yang digunakan cukup besar, sangat membantu bagi mereka yang telah berusia lanjut. Buku ini diterbitkan oleh Pustaka Imam Syafi’i.

situs pustaka imam syafi’i

doa dan wirid2. Doa dan Wirid (harga ketika teman saya membeli: Rp14.000,00)
Buku ini sedikit lebih tebal dari buku yang pertama. Namun ukurannya tidak jauh berbeda. Buku ini merupakan terjemahan dari buku Hisnul Muslim yang ditulis oleh Syaikh Sa’id Ibn Wahaf al-Qothani. Hisnul Muslim adalah suatu buku doa yang apik dengan struktur yang jelas. Di dalamnya terdapat setidaknya 132 doa yang disandarkan kepada hadits nabi. Terjemahannya dalam bahasa Indonesia pun ada berbagai macam versi. Buku “Doa dan Wirid” yang saya sebutkan di sini adalah salah satunya, yang menurut klaim penerbitnya merupakan versi terjemahan yang dibuat dengan berbagai pertimbangan untuk mempermudah pembaca sekaligus tetap mempertahankan isi seperti buku aslinya. Hanya saja, huruf Arob yang digunakan terbilang kecil. Hal ini mungkin akan mempersulit para pembaca dari kalangan usia lanjut. Namun, hal ini sebenarnya dapat dimaklumi karena banyaknya doa dalam bulu tersebut.Jika menggunakan huruf yang terlalu besar, tentu halaman yang dibutuhkan menjadi semakin anayak. Ujung-ujungnya, pembengkakan harga yang akan terjadi.

situs pustaka at-tibyan (gambar sampul buku mungkin berbeda. Gambar yang saya cantumkan adalah gambar sampul dari buku yang teman saya miliki. Bagaimanapun, isinya tetap sama.)

Itulah dua buku tentang dzikir yang bisa kita percaya. Sebenarnya, ada banyak buku tentang dzikir yang bisa dipertanggungjawabkan asalkan kita mau lebih jeli. Hanya saja, kebanyakan buku-buku tersebut terbilang mahal. Kebanyakan mahasiswa seperti kita tentu akan kesulitan membelinya.


Responses

  1. Buku ini ditulis oleh Yazid bin Abdul Qodir Jawas, seorang ulama yang sudah tidak diragukan lagi.

    Saya kira beliau belum mau kalau dipanggil ulama deh… ustadz aja…CMIIW

  2. […] Ditulis dalam Kuliah « Rekomendasi buku […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: