Oleh: bloksaya | Juli 11, 2009

Tips menghadapi USM STAN

Ujian Saringan Masuk (selanjutnya disebut USM) STAN telah di depan mata. Seperti tahun-tahun sebelumnya, STAN termasuk universitas (tepatnya sekolah tinggi) yang laris manis menjadi incaran para pemburu pendidikan. Apalagi dengan iming-iming berkerja di Departemen Keuangan. Meskipun tidak sedikit pendaftar yang menjadikan STAN sebgai cadangan jika tidak diterima di universitas impian. Ada juga yang terpaksa mengikuti USM STAN karena desakan orang tua. Apa pun alasannya, minumnya teh botol S**ro! (ih, garing)

Dengan semakin dekatnya USM STAN, para peserta USM pun mulai mempersiapkan diri. Mengikuti berbagai bimbel, mencari berbagai info di internet (sampe nyasar di sini :)), dan berbagai usaha lainnya (asal jangan ke dukun atau kuburan keramat).

Dalam tulisan ini, saya akan sedikit membagi tips bagi Anda yang akan mengikuti USM STAN (atau bisa juga diaplikasikan dalam tes-tes lain). Semoga tips berikut bermanfaat.

1. Pahami apa yang akan Anda hadapi

Ini adalah hal penting yang terkadang luput dari perhatian. Apa gunanya belajar keras jika tidak tahu apa yang akan dilakukan?

Sekadar gambaran, untuk tes tahun ini, dari yang saya dengar, setiap paket soal terdiri atas 180 soal: 120 soal Tes Pengetahuan Akademik (TPA) dan  60 soal bahasa Inggris. Saya sendiri kurang tahu seperti apa TPA tersebut, tapi tampaknya merupaka gabungan antara TKU yang berupa kemampuan dasar logika dan semacamnya, pengetahuan umum, dan bahasa Indonesia. Waktu yang disediakan untuk tahun ini adalah 150 menit, artinya setiap soal harus diselesaikan dalam 50 detik. Perlu diingat pula bahwa jawaban benar bernilai 4, salah bernilai -1, dan soal yang tidak dijawab bernilai 0. (keterangan lengkap, buka situs resmi STAN (klik di sini)).

Jangan lupa bahwa jawaban akan dikoreksi dengan sistem komputerisasi. Jadi, siapkan segala hal yang siperlukan. Pensil 2B, penghapus, alas, dan perlengkapan lain yang mungkin dibutuhkan. Tahun lalu saya bahkan menggunakan meja gambar sebagai alas. Selama tidak ada larangan, maka kembali ke hukum asal yaitu boleh.

Perlu diingat pula bahwa pada hari tes nanti Anda akan melihat ribuan peserta tes lainnya, khususnya jika Anda tes di Gelora Bung Karno. Jangan merasa grogi melihat peserta lainnya karena bisa jadi mereka jauh lebih bodoh dari Anda (atau sebaliknya, jauh lebih cerdas dari Anda :)). Yang jelas, tetaplah bersikap cool, meskipun Gelora Bung Karno biasanya sangat panas.

2. Persiapkan tubuh dan jiwa

Jaga kondisi tubuh dan jiwa agar tetap dalam kondisi baik. Sangat disayangkan jika pada saat tes berlangsung Anda tiba-tiba merasa tidak enak badan sehingga tidak bisa mengerjakan tes tersebut. Makan makanan sehat, istirahat cukup, dan jangan biarkan pikiran Anda larut dalam stress. Sebenarnya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari soal USM STAN. Bahkan bisa dibilang soal-soal USM STAN yang telah lewat adalah soal-soal yang paling cocok untuk refreshing dari SNMPTN dan UN yang telah Anda lewati. Bayangkan saja, setelah melewati SNMPTN dan UN yang notabene membutuhkan usaha dalam berpikir, dalam USM STAN kita hanya harus membiarkan logika dan imajinasi kita mengalir, persis seperti berbagai permainan kesukaan kita saat anak-anak. Setelah logika kita diperlemah oleh berbagai hal tidak penting yang memenuhi kepala kita selama ini, soal-soal USM STAN dapat membangkitkan kembali kekuatan logika kita.

Soal-soal USM STAN yang berbentuk hitungan biasanya hanya membutuhkan logika standar. Soal bahasa Indonesia biasanya hanya membutuhkan pemahaman atas kata baku, tanda baca, dan struktur kalimat. Soal bahasa Inggris yang biasanya agak sulit karena cakupannya yang cukup luas.

Jadi, nikmatilah setiap soal USM STAN yang akan Anda hadapi. Ingat, Anda sedang merefresh logika Anda.

3. Belajar dan berdoa

Tentu ini merupakan poin utama dari semua tips buatan manusia mana pun. Belajar secara maksimal (bedakan antara belajar secara maksimal dan belajar secara ngoyo) sambil terus berdoa dengan rasa takut dan harap. Doa di sini juga termasuk permohonan agar Alloh memberikan kesehatan tubuh dan jiwa seperti yang saya sebutkan dalam poin 2. Penjelasan tentang doa akan sangat panjang, sebaiknya pembaca mencari sendiri dari sumber-sumber yang terpercaya.

4. Jangan percaya tips-tips yang beredar

Jangan mudah memercayai tips-tips yang beredar di internet atau bahkan dari bimbel uang Anda ikuti. Termasuk juga tips-tips yang saya berikan ini jangan langsung Anda percayai. Akan lebih baik jika Anda menemukan sendiri tips-tips yang sesuai bagi Anda untuk kemudian Anda gunakan sebagai strategi umum dalam menghadapi berbagai tes yang lain.

Selamat mengikuti USM STAN


unduh:

materi bahasa Indonesia USM STAN


Responses

  1. nyampah lo fer.. hehhe..
    buat bingung ummat aja,,,

  2. saya emg suka nyampah

  3. Jadi ini gak usah dipercaya ya.
    Baiklah.

    Eh, kowe liburan nggak balik ngopo wae nang kono?
    Imam juga gak balik loh.

  4. per aku dolan gonamu yo?

  5. ke kosanku?
    boleh..
    kapan?
    perlu ngatur jadwal nih, sibuk..

  6. bukan gak usah dipercaya, jangan langsung dipercaya..
    di sini..
    kajian seperti biasa..
    bikin buletin..
    ngerjain budaya nusantara..
    dan tugas-tugas lain
    kelasku emg gak libur lama, jadi gak sempet pulang (aslinya emg gak libur, cuma pinter2 ketua kelas ngelobi dosen aja minta libur)

  7. huuuf, minggu ini guwe sibuk (eitss!! sebelum kata “sibuk” tidak ada kata “sok”, meskipun biasanya seharusnya ada kata itu) bgt,
    blom lagi minggu depan, sangat banyak sekali berbagai tugas-tugas (bayanganmu salah, kemarin nilai bahasa indonesia saya 95),
    hahaha, tapi asik kok*,

    *syarat dan ketentuan berlaku:
    – tidak mengganggu kajian
    – tugas2 tsb dapat gue slsein
    – dll.

  8. bukannya ga ad b.indo ??

  9. hmmm…

  10. eh,bagi yg nyasar di sini,jgn lupa y,ni posting saya buat thun 2009. apdet-apdet terbaru mungkin g da di sini


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: